10 Profesi Dibidang Teknologi Informasi

10 Profesi Dibidang Teknologi Informasi

Halo sobat mixtim...

Pada artikel kali ini kami ingin memberi tahukan, kepada kalian semua apa aja sih karir-karir di idang IT.

Tentunya ketika sobat mixtim lanjut kuliah dan hendak mengambil jurusan yang diminati, tentu  kalian akan mencari tahu terlebih dahulu karir apa yang bisa didapatkan setelah selesai kuliah nanti. tentunya kalian tidak mau dong menjadi pengangguran, hehehe........

Karena itu disini kami membagikan karir-karir dibidang IT yang terjamin, sehingga sobat mixtim dapat fokus pada suatu bidang yang diambil ketika masuk perguruan tinggi kelak, khususnya bagi yang ingin lebih tau tentang jurusan yang bergelut di bidang IT seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Ilmu Komputer dan lainnya.

yok, simak penjelasan berikut ini..........

1.        Operator


 

Seorang operator komputer bertanggung jawab untuk menjaga sistem komputer dan memastikan bahwa semua peralatan beroperasi dengan baik dan lancar. Berbagai tugas yang terkait dengan bidang ini tergantung pada jenis sistem komputer yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi.

Tugas operator komputer termasuk bekerja dengan sistem mainframe, dengan jaringan komputer pribadi, mengelola database dan memberikan dukungan teknologi. Terkadang operator komputer membantu menganalisis sistem atau programer.

 

2.        Teknisi Komputer

 


Seorang teknisi komputer adalah orang yang memperbaiki dan memelihara komputer dan server . Tanggung jawab para teknisi yaitu dapat mengembangkan juga membangun atau mengkonfigurasi hardware baru, menginstal dan memperbarui paket perangkat lunak, juga menciptakan dan memelihara jaringan komputer . Teknisi komputer bekerja di berbagai bidang, yang meliputi baik publik dan sektor swasta.

 

Dasar Tugas:

- Perbaikan komputer dengan kerusakan atau disfungsi.

- Install atau download aplikasi komputer

- Merakit bagian-bagian komputer.

- Apakah pemeliharaan jaringan dan pemecahan masalah

- Periksa kapasitas komputer

- Pastikan fungsi komputer

- Memeriksa dan memperbaiki koneksi komputer

- Berkomunikasi dengan klien tentang kondisi komputer

- Menyarankan perawatan yang tepat dari komputer dan program komputer terbaik dan merek.

 

3.        Trainer

 




Sesuai dengan nama profesi tersebut, bidang pekerjaan seorang IT Trainer adalah menyampaikan materi-materi pembelajaran yang terkait dengan bidang IT, atau dengan bahasa yang sederhana, bidang pekerjaan utamanya adalah “mengajar”.

Jika ingin mencoba berkarir sebagai seorang IT Trainer, hal pertama yang harus diperhatikan adalah “fokus”. Misal kita ingin menjadi trainer untuk materi programming, maka persempit lagi materi tersebut sampai ke batas paling kecil. Jangan mentang-mentang sudah jadi programmer lantas menghajar semua materi programming yang ada. Jika hal ini terjadi maka biasanya kita tidak akan menguasai materi apapun namun hanya sedikit-sedikit saja. Ingatlah bahwa dunia IT itu teramat sangat luas. Jadi fokuslah dari hal yang paling kecil dan jika sudah mulai menguasai baru lanjutkan ke materi lainnya :)

Setelah menentukan pilihan materi, lanjutkan dengan melatih skill mengajar agar kita terbiasa untuk tampil dan berdiri didepan orang. Kenapa harus dilatih? karena sejujurnya urusan mengajar hingga orang lain bisa mengerti dan memahami apa yang kita sampaikan merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan :)

 

Untuk melatih skill mengajar ini, banyak cara yang bisa kita lakukan, misalnya mencoba membuat grup-grup kecil kelompok belajar di kampus lalu kita menawarkan diri untuk menjadi instrukturnya. Atau bisa juga dengan mencoba melatih mata pelajaran komputer di sekolah-sekolah, di lab kampus, hingga ke LPK. Di awal karir, lupakanlah sejenak urusan uang. Dibayar ataupun tidak jangan dipermasalahkan, karena ilmu yang kita dapatkan saat awal-awal mengajar ini yang kelak bisa menjadi bekal ke tahap selanjutnya.

4.        Peneliti

 


Apa itu Peneliti Komputer dan Informasi?

Melakukan penelitian dasar komputer dan informasi ilmu pengetahuan sebagai ahli teori, desainer, atau penemu. Mengembangkan solusi untuk masalah di bidang hardware dan software komputer.

Jenjang pendidikan minimal untuk bekerja di bidang ini adalah S1, dengan gaji hingga 4.1-6.8 jt.

 

Tugas Peneliti Komputer dan Informasi

a.       Menganalisa masalah untuk mengembangkan solusi yang melibatkan hardware dan software komputer

b.      Menetapkan atau menjadwalkan tugas untuk memenuhi prioritas dan tujuan pekerjaan

c.       Mengevaluasi rencana dan proposal proyek untuk menilai isu kelayakan

d.      Menerapkan keahlian dan inovasi teoritis untuk membuat atau menerapkan teknologi baru, seperti mengadaptasi prinsip-prinsip untuk menerapkan penggunaan baru pada komputer

e.       Berkonsultasi dengan pengguna, manajemen, vendor, dan teknisi untuk menentukan kebutuhan komputasi dan persyaratan sistem

 

5.        Project Manajer


 

Untuk jadi sorang IT project, bisa diberi gambaran Pak bagaimana kerjanya jadi seorang IT project seperti apa sih?

Kalau berbicara IT project manager, kalau banyak pekerjaan yang diberi oleh employeer-employeer perusahaan, sebenarnya scope pekerjaannya yang paling utama,

1.      Deliver project

2.      Listen to budget

3.      Timeline.

Nah, itu merupakan key point yang harus dipastikan project manager. Tapi day to day nya saya biasa mengadopsi Software Development Lifecycle (SDLC), dengan metodologi Waterfall.

Terus kalau secara project management, kita menggunakan cara Project Management Body of Knowledge (PMBOK). PMBOK itu, gambarannya gini, nah project itu kita start dari inisiasi, nanti baru ada planning, baru eksekusi, monitoring, dan closing.

Inisiasi itu yang kita kerjakan, kita inisiasi project, kita mulai mengcollect business requirement dulu, jadi apa yang kita butuhkan untuk project. Jadi nanti kita akan analisa cost and benefit yang ingin dicapai, ada untung atau tidak.

Lalu masuk ke tahap berikutnya, di planning, nah di planning itu setelah kita tentukan scopenya apa aja, kita akan tentukan / breakdown detail pekerjaannya seperti apa, nah setelah detail nanti baru akan kita ketahui berapa durasi pengerjaan project.

Sehingga akan keluar timelinenya. Nah, disitu baru nanti kita akan keluarin planning untuk timeline, planning untuk budgetplanning untuk resource allocation, butuh timnya siapa aja.

Misal saya butuh IT analyst, atau saya butuh UI/UX designer, 3 software engineer atau programmer misalnya.

Atau saya butuh lagi nih tim tester untuk melakukan testing aplikasi setelah didevelop, tim bisnis siapa aja, nah semua orang yang dibutuhkan tersebut masuk ke resource planning.

Terus masuk lagi ke policy planning, ada testing apa aja ni yang mau dimasukkan biar software yang kita deliver memang berkualitas, sesuai ekspektasi.

 

6.        Programer


 

Pekerjaan Freelance di bidang teknologi sedang banyak diburu. Mulai dari bisnis startup hingga perusahaan besar bernilai milyaran rupiah, mereka semua mencari programmer mumpuni untuk merealisasikan ide-ide khusus.

Jika anda adalah orang yang seringkali takjub dan mencintai cara kerja sebuah aplikasi maupun program komputer yang canggih, dan tentang bagaimana itu semua dibangun berdasarkan deret kode program, kamu mungkin akan tertarik untuk mengejar karir sebagai seorang programmer.

Kenapa programmer? Sampai Maret 2019 ada sekitar 2100 startup yang muncul di Indonesia, karena kebanyakan startup mengandalkan teknologi, pekerjaan sebagai programmer jadi salah satu yang paling relevan di era ini.

Tentu ada banyak pekerjaan yang berkait dengan programming, seperti yang bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini:

a.       Web Developer

b.      Membuat Aplikasi untuk PC ataupun Desktop

c.       Mengembangkan Aplikasi untuk Smartphone

d.      Menjadi Tech Support

 

 

7.        Graphic Designer


 

Graphic designer (desainer grafis) merupakan sebuah pekerjaan menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik. Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya menyampaikan informasi mengenai suatu produk secara menarik dengan mengakomodasi keinginan klien.

Graphic designer tidak hanya bisa berkarier di media, tapi bisa juga di berbagai industri terutama industri jasa (telekomunikasi, periklanan, fotografi, pendidikan, konstruksi, teknologi informasi) maupun industri manufaktur (tekstil, garmen, mode, otomotif, elektronik).

Graphic designer juga berperan dalam memecahkan masalah yang timbul di lingkup tertentu lewat iklan layanan masyarakat. Menjadi seorang graphic designer tidak harus jago menggambar, tapi sebaiknya memiliki kemampuan dasar menggambar supaya mudah dalam menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk visual. Selain itu, kemampuan menggunakan graphic software juga diperlukan untuk menunjang pembuatan ilustrasi.

 

8.        Network Specialist



Sebuah keamanan jaringan spesialis, atau spesialis keamanan komputer, adalah semacam administrator komputer yang mengkhususkan diri dalam melindungi data perusahaan dan informasi lainnya. Jaringan spesialis keamanan membangun firewall, menginstal anti-virus perangkat lunak pada server dan komputer dalam jaringan, dan jaringan monitor untuk pelanggaran keamanan. Individu dalam karir komputer seperti ini yang mengkhususkan diri dalam satu jenis pemeliharaan sistem biasanya bekerja untuk perusahaan besar atau organisasi dengan data sensitif, seperti perusahaan investasi, perusahaan asuransi dan lembaga pemerintah.

Bidang keamanan jaringan berkembang dengan cepat sekarang sebagai bisnis lebih dan individu yang menyimpan data sensitif secara elektronik. Selain peran teknis posisi ini, seorang spesialis keamanan jaringan sering memberikan pelatihan kepada staf umum mengenai masalah keamanan, dan ia dapat mengembangkan kebijakan perusahaan terkait seperti masalah keamanan terkait dengan mengakses informasi perusahaan menggunakan ponsel pintar, laptop mobile, atau rumah komputer dan transmisi informasi menggunakan thumb drive atau layanan online eksternal penyimpanan data. Sering kali seorang spesialis keamanan jaringan akan membantu memfasilitasi akses mobile resmi dari informasi perusahaan sehingga langkah-langkah keamanan yang tepat dapat berada di tempat.

Pelanggaran informasi rahasia yang disimpan oleh sebuah bisnis atau organisasi dapat menjadi bencana.Jika pelanggaran tersebut melibatkan akses tidak sah ke informasi pribadi, dapat menyebabkan masalah hukum dalam hal kewajiban. Dan jika cetak biru dari sebuah bisnis produk baru berencana untuk meluncurkan jatuh ke tangan yang salah, dapat membahayakan keunggulan kompetitif perusahaan.Akibatnya, keamanan jaringan adalah menggambar perhatian lebih dan lebih oleh manajemen eksekutif.

 

9.        Database Administrator


 

Database administrator bertugas untuk mendesain, memelihara, dan memperbaiki database organisasi. Mereka juga bertugas untuk membuat susunan tertentu supaya pengguna data mudah untuk mengakses. Untuk mengerjakan tugas, seorang database administrator sebaikanya familiar dengan bahasa yang sering dikenal dengan data manipulation dan memahami prinsip desain database.


Tidak semua pekerja IT harus berhadapan dengan komputer. Seorang database administrator akan lebih banyak kesempatan untuk bekerja dengan banyak orang dan banyak proyek. Tantangan yang dihadapi seorang database administrator adalah harus menjaga supaya database tidak rusak. Gaji globar yang diterima oleh orang yang bekerja sebagai database administrator sebesar 77.080 Dollar per tahun.

 

10.    System Analyst



Merupakan seorang penengah antara orang bisnis dan tim IT. Sorang system analist akan mendefinisikan kebutuhan user dan menyusun solusi untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas. Tidak seperti hardware engineer, seorang system analyst memiliki alur pekerjaan yang fleksibel. Tidak hanya mengerjakan rutinitas, mereka juga harus bertemu dengan banyak orang yang terlibat dengan proyek. Seorang system analyst akan memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada, kemudian menganalisis keperluan sistem tersebut. Kemudian mereka akan mengembangkan produk, mengimplementasikan, serta menguji solusinya dalam sistem. Gaji global yang diperoleh seorang system analyst adalah 79.680 Dollar per tahun.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Bahasa Pemrograman C++?

Apa itu Bahasa Pemrograman?