Apa itu Bahasa Pemrograman?

 

Apa itu Bahasa Pemrograman?

Ilustrasi Pemrograman

 

Halo sobat mixtim...

Pada kali ini, kami ingin berbagi ilmu tentang dunia IT. Dimana pada zaman sekarang ini, skill tentang dunia teknologi sangat dibutuhkan dan diminati. Sehingga tidak sedikit juga orang yang ingin mempelajarinya terutama ilmu tentang bahasa pemrograman.

Sebelum mempelejari  ilmu tentang bahasa pemrograman, tentunya kita harus tau dulu dong Apa itu Bahasa Pemrograman?  Nah, di sini kami  ingin menerangkan hal itu. Berikut penjelasannya.

 

Pengertian Bahasa Pemrograman

Begini sobat, Bahasa pemrograman, atau sering disebut juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu kumpulan dari aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis, begitu sobat.

 

Fungsi Bahasa Pemrograman

Sobat mixtim, suatu bahasa diciptakan pasti memiliki fungsi. Begitu juga bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri berfungsi untuk memerintah komputer agar mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di seluruh penjuru dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi saat ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.

Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun, tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya, sobat.

 

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Sobat mixtim....

Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

1.   Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP.

2.   Bahasa Tingkat Menengah

Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C.

3.   Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly.

 

Baiklah, Kami rasa itu saja yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini, semoga apa yang ada di dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sampa jumpa lagi di artikel berikutnya! 😊

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Bahasa Pemrograman C++?

10 Profesi Dibidang Teknologi Informasi